SELAMAT DATANG DI BLOG KOPERASI GAHARU (ENDE), MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI - Visi Kami: "Koperasi Gaharu Sebagai Lembaga Keuangan Yang Terpercaya, Berkualitas Dan Berkelanjutan" - Slogan Kami : "Hemat Dan Menabung Untuk Membangun Masa Depan"

Kalimat Bijak :

Jumat, 31 Juli 2015

Peristiwa-Peristiwa Penting Perjalanan Sejarah Berdirinya Koperasi Gaharu dan Perkembangannya

Berikut peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan panjang kehidupan Koperasi Gaharu (Ende) hingga kini :
  • Tanggal 5 Mei 1982, bertempat di kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi NTT di jalan Udayana (kini Puskesmas Onekore) dilakukan rapat berkala kedinasan yang dipimpin oleh Bapak Leo Luanlaka (Alm) sebagai kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi NTT.

  • Dalam rapat ini dibicarakan banyak hal baik menyangkut tugas-tugas kedinasan, juga menyangkut kesejahteraan pegawai.Situasi perekonomian kala itu memang sangat sulit. Salah satu kesepakatan dalam rapat ini yaitu membangun sebuah koperasi konsumsi, yang khusus melayani kebutuhan barang-barang konsumsi rumah tangga bagi pegawai Cabang Dinas itu sendiri.
  • Tanggal 10 Oktober 1984, bertepatan dengan rapat berkala Cabang Dinas Kehutanan, semua pegawai yang adalah anggota koperasi konsumsi bersepakat membentuk koperasi kredit yang diberi nama Koperasi Kredit Gaharu.
  • April 1990, Koperasi Kredit Gaharu resmi diterima menjadi anggota Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Nusa Tenggara Timur bagian barat (BK3D NTT Barat).
  • Tanggal 21 September 1999, nama Koperasi Kredit Gaharu berubah menjadi Koperasi Pegawai Republik Indonesi (KPRI) Gaharu. Nama ini berubah sejalan dengan diperolehnya status Badan Hukum dengan disahkannya Akta Pendirian Nomor : 06/BH/KDK.24.8/IX/99.
  • Tahun buku 2004 KPRI Gaharu mulai merekrut satu orang karyawan sebagai tenaga pelaksana harian untuk membantu melaksanakan tugas-tugas pengurus, yaitu Maria Nivan Sina. Dalam perkembangan selanjutnya, di tahun 2007, peserta RAT merekomendasikan menambah satu karyawan lagi. Melalui proses penjaringan, maka diangkat Adrianus Pae Kasu, SE sebagai Plh Manager KPRI Gaharu. Pada tahun 2009, KPRI Gaharu merekrut satu orang tenaga komputer atas nama Modesta Lue yang menggantikan Maria Nivan Sina.
  • Tanggal 23 Oktober 2010, dalam rapat pengurus lengkap, diputuskan untuk melakukan amandemen (perubahan) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KPRI Gaharu. Perubahan AD/ART ini dilatarbelakangi dengan pertambahan jumlah anggota yang sangat lambat sebagai akibat koperasi ini hanya khusus bagi pegawai negeri saja. Untuk meningkatkan jumlah anggota dan juga modal koperasi, maka koperasi harus menjadi koperasi yang terbuka untuk umum.
  • Tanggal 1 Oktober 2011, nama Koperasi Pegawai Negeri (KPRI) Gaharu berubah menjadi Koperasi Serba Usaha(KSU) Gaharu. Nama ini berubah sejalan dengan disahkannya akta Badan Hukum Nomor : 02/PAD/BH/XXIV.3/2011, tanggal 1 Oktober 2011. Sejak dibuka untuk umum, jumlah anggota, modal, aset, dan jumlah layanan pinjaman koperasi ini berkembang pesat.
  • Tanggal 24 Juli 2015, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Kantor KSU Gaharu, di jalan Melati Atas (samping kantor BKKBN – Ende). Acara diawali dengan seremonial adat oleh Mosalaki Onekore, yang kemudian dilanjutkan dengan ibadat pemberkatan batu dan peletakan batu pondasi bangunan baik oleh khalangan adat (Mosalaki Onekore) maupun kalangan rohaniwan. Acara ini turut disaksikan oleh Drs. Derson Duka selaku Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende, dan undangan dari Dinas Koperasi Kabupaten Ende, Kelurahan Paupire, dan Pengurus Koperasi Jayakarta sebagai tetangga dekat.
====== 

Cobalah :