SELAMAT DATANG DI BLOG KOPERASI GAHARU (ENDE), MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI - Visi Kami: "Koperasi Gaharu Sebagai Lembaga Keuangan Yang Terpercaya, Berkualitas Dan Berkelanjutan" - Slogan Kami : "Hemat Dan Menabung Untuk Membangun Masa Depan"

Kalimat Bijak :

Jumat, 31 Juli 2015

Sejarah Koperasi Gaharu - Ende

Berdirinya Koperasi Gaharu rupanya berlatar belakang yang sama seperti awal berkembangnya gerakan Koperasi di Indonesia, yakni tumbuh secara spontan karena kesamaan kondisi perekonomian yang sulit. Kondisi ekonomi yang sulit, yang menimpa para pegawai yang bekerja pada Cabang Dinas Kehutanan, melahirkan sebuah inisiatif untuk membentuk sebuah koperasi. Inisiatif ini muncul ketika dilakukan
rapat berkala Cabang Dinas Kehutanan pada tanggal 5 Mei 1982, bertempat di kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi NTT di jalan Udayana (kini Puskesmas Onekore).




Rapat waktu itu dipimpin oleh Bapak Leo Luanlaka (Alm) sebagai kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi NTT. Dalam rapat dibicarakan banyak hal baik menyangkut tugas-tugas kedinasan, juga menyangkut kesejahteraan pegawai. Situasi perekonomian kala itu memang sangat sulit. Gaji pegawai sangat kecil. Selain PNS, ada pula pegawai honor daerah, yang oleh kalangan mereka sendiri mengistilahkan dengan pegawai Honda (singkatan dari Honor Daerah). Gaji para pegawai Honda ini selain sangat kecil, juga tidak diterima setiap bulan. Terkadang sampai 6 bulan sekali baru gaji mereka dapat diterima. Dapat dibayangkan, betapa sulitnya mereka untuk hidup dengan jangka waktu penerimaan gaji yang demikian.

Situasi inilah yang kemudian memicu adanya kesepakatan untuk membangun sebuah koperasi konsumsi, yang khusus melayani kebutuhan barang-barang konsumsi rumah tangga bagi pegawai Cabang Dinas itu sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, sesuai dengan hasil evaluasi, ternyata diketahui banyak kebocoran yang terjadi. Hampir semua jenis barang mengalami penyusutan. Koperasi konsumsi ini mengalami kerugian sebagai akibat dari pembukuan yang kurang jelas. Banyak barang mengalami kerusakan akibat dimakan tikus di gudang penyimpanan barang. Koperasi konsumsi yang diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan rumah tangga para pegawai ternyata hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang.

Kondisi ini mendorong dua orang tokoh, yakni bapak Piet C. Petu dan bapak Lambertus A. Bunga (Alm) menyampaikan gagasannya, untuk mengganti bentuk usaha dari koperasi konsumsi menjadi koperasi kredit (simpan pinjam). Ide kedua tokoh inisiator ini mendapat dukungan Yosef Nesi Ladja yang pada waktu itu sudah aktif sebagai pengurus koperasi kredit Jayakarta.

Tanggal 10 Oktober 1984, bertepatan dengan rapat berkala Cabang Dinas Kehutanan, gagasan pembentukan koperasi kredit akhirnya terwujud. Semua pegawai yang adalah anggotanya, bersepakat membentuk koperasi kredit yang diberi nama Koperasi Kredit Gaharu. Nama Gaharu yang dipilih sebagai nama koperasi ini dengan alasan :
  1. Semua anggota koperasi ini (anggota saat awal pendirian) adalah para pegawai pada Cabang Dinas Kehutanan, sehingga nama ini menunjukan ciri khas Kehutanan;
  2. Gaharu adalah nama sejenis pohon unggulan lokal yang kayunya sangat wangi dan mahal harganya, yang menjadi primadona di Kabupaten Ende khususnya, dan di Flores pada umumnya. Jenis pohon ini sangat terkenal sebanding dengan Cendana di pulau Timor.

Pada bulan April 1990, Koperasi Kredit Gaharu resmi diterima menjadi anggota Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Nusa Tenggara Timur bagian barat (BK3D NTT Barat).

Demikian sekilas sejarah berdirinya Koperasi Gaharu.

Perkembangan koperasi Gaharu selanjutnya dapat dilihat pada link ini : Peristiwa-Peristiwa Penting Perjalanan Sejarah Berdirinya Koperasi Gaharu dan Perkembangannya
========== 

Cobalah :